Senin, Januari 28, 2008

Bukti Perjalanan Dinas Lampirkan Boarding Pass

LUWUK—Bupati Banggai, Drs Ma’mun Amir kembali memangkas ‘uang kaget’ yang disinyalir kerap diperoleh para pejabat dan pegawai yang melakukan perjalanan dinas ke luar daerah. Setelah membatasi frekwensi perjalanan dinas keluar daerah dalam rangka menciptakan efisiensi anggaran. Orang nomor satu di Bumi Babasal itu kembali memerketat pertanggung jawaban perjalanan dinas. Pada rapat kerja yang dihadiri oleh seluruh pimpinan SKPD, camat, dan lurah di ruang rapat Bupati, Selasa (22/1), kemarin, Bupati Banggai, Ma’mun Amir meminta agar bukti perjalanan dinas keluar daerah melampirkan boarding pass_sebagai tanda pejabat yang melakukan perjalanan dinas menggunakan pesawat benar –benar transit di bandara.
Kebijakan baru tersebut dilakukan, karena selama ini disinyalir perjalanan dinas yang hanya melampirkan bukti tiket pesawat rawan kebocoran. Hal ini dikatakan, Kepala Dinas Infokom Setda Kabupaten Banggai, Ernaini Mustatim, kepada Luwuk Post, ditemui usai rapat tersebut, kemarin. Menurut Erna_sapaan akrapnya, Bupati Banggai berharap pada tahun 2008 ini semua aparatur pemerintah daerah mengedepankan sikap jujur dan tidak lagi memanfaatkan jabatan untuk kepentingan pribadi. “Pak Bupati berharap tahun 2008 ini, pejabat bisa jujur kepada diri sendiri,” ujar Erna.
Pernyataan itu kata dia disampaikan Bupati Banggai karena ada aparatur dari satuan kerja yang pernah datang kepadanya untuk memaksa diijinkan melakukan perjalanan dinas, meskipun dalam pandangan bupati yang bersangkutan tidak memiliki agenda kegiatan di luar daerah. Ternyata setelah dicek, aparatur yang bersangkutan hanya ingin mengajak jalan–jalan keluarganya.
Tentu saja, permintaan melakukan perjalanan dinas itu ditolak mentah-mentah. Apakah upaya memerketat perjalanan dinas itu untuk mengantisipasi SPPD ganda maupun SPPD yang tidak dipergunakan sebagaimana mestinya. Erna membenarkannya. “Pak Bupati sudah menegaskan agar masalah–masalah seperti itu tidak dilakukan. Beliau berharap aparat pemerintah bisa memberikan teladan yang baik,” imbuhnya. (HARIS/LP ONLINE)



1 komentar:

rudi dahlan mengatakan...

bording pass bisa di buat juga