Selasa, Januari 22, 2008

Setahun, RT Miskin Hanya Berkurang Satu

LUWUK – Usaha mengurangi jumlah Rumah Tangga Miskin (RTM) di Kabupaten Banggai ternyata belum membuahkan hasil maksimal. Betapa tidak, dalam setahun tercatat hanya satu RTM yang berhasil dientaskan dari kemiskinan oleh pemerintah.
Data yang diperoleh koran ini menyebutkan, tahun 2007, jumlah RTM di Kabupaten Banggai tercatat sebanyak 20.501. Pada awal tahun 2008 ini jumlah itu hanya berkurang satu atau menjadi 20.500 RTM. Fakta ini tentu jauh dari harapan Pemkab Banggai.
Penyebab sulitnya mengentaskan RTM itu diduga kuat karena program-program yang digalakan pemerintah tidak mendapat respons yang baik di kalangan masyarakat.
Hal ini diakui Kepala Bagian Perekonomian Winancy Ndobe. Ditemui di ruang kerjanya kemarin, (21/1), Winancy menyebutkan, Pemkab Banggai pada tahun 2007 sudah mengupayakan berbagai hal dalam mengurangi jumlah RTM. Salah satunya adalah pembagian bibit secara gratis. Sayang, bantuan pemerintah itu tidak dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. “Ya, hasilnya, hanya satu RTM yang bisa dientaskan,” sesalnya.
Namun begitu, Pemkab Banggai, kata dia, tidak akan pernah menyerah. Tahun ini, kata dia, pemerintah akan kembali mengupayakan untuk mengadakan pembinaan di seluruh kecamatan. Targetnya, di tahun 2009 nanti jumlah RTM bisa lebih banyak berkurang.(taufik/lp online)

Tidak ada komentar: